Setiap daerah di Indonesia tentu memiliki tempat untuk melakukan kegiatan wisata bersama keluarga atau teman teman. Dan setiap untuk melakukan kegiatan wisata pastinya membutuhkan ID card untuk dipakai oleh setiap anggota rombongan. Untuk tali gantungannya sendiri dapat anda buat ke produsen cetak lanyard terdekat di daerah anda.

Kegunaan ID Card ini sendiri berguna untuk menjaga rombongan tetap utuh saat sedang berlibur atau berburu souvenir dan pernak Pernik di Labuan bajo. Kita tentu tahu bahwa setiap daerah memiliki souvenir yang dapat di beli dan dibawa pulang sebagai oleh oleh dan buah tangan.

Labuan Bajo memang terkenal sekali dengan keindahan pulaunya yang cantik, dan pantai-pantainya yang indah. Hal ini akan membuat siapa saja takjub dengan pemandangan yang disuguhkan. Namun pada kesempatan kali ini kami tidak akan membahas keindahannya tetapi tentang souvenir atau pernak-perniknya yang unik, maka beberapa souvenir khas Labuan Bajo adalah sebagai berikut:

1. Kerajinan Mutiara

Kerajinan mutiara merupakan salah satu oleh-oleh khas Labuan Bajo. Kerajinan ini sendiri biasanya dikerjakan oleh masyarakat pesisir yang olehannya dijadikan menjadi beberapa bentuk yaitu seperti kalung, gelang, cincin, dan anting. Untuk mendapatkan pernak Pernik ini tergolong mudah karena hampir setiap toko souvenir menyediakan ini di sepanjang tepian pantai Labuan bajo.

Kerajinan Mutiara Labuan Bajo, Sumber: Google
Kerajinan Mutiara Labuan Bajo, Sumber: Google

Pernak-pernik yang disediakan di tempat wisata ini memiliki warna yang indah, bentuk yang cantik, dipadukan dengan bebatuan yang membuatnya menjadi elegan saat digunakan. Untuk berkaitan dengan harga sendiri sebenarnya sangat bervariasi tergantung kualitas dan warna dari mutiaranya. Saat melakukan kunjungan di tempat wisata ini, membeli pernak Pernik ini dapat menjadi pilihan untuk orang orang tersayang di daerah anda.

3. Kaos Chomabee

Chomabee merupakan kaos khas asal Labuan bajo yang sudah tidak asing lagi namanya terdengar hampir di seluruh wisatawan. Hal ini bisa terjadi karena Kaos Chomabee dapat ditemukan di beberapa lokasi yang ada di Labuan Bajo seperti pasar, pusat oleh-oleh, dan toko pakain. Chomabee sendiri memberikan keunikan yang berbeda dari oleh-oleh sejenis yang ada di Labuan Bajo.

Yang unik dari kaos ini adalah kalimat yang ditulis pada tampilan depannya menggunakan Bahasa manggarai. Kata kata in sendiri bukan hanya sekedar kalimat biasa namun juga merupakan peribahasa atau kiasan. Pakaian ini cocok untuk dibawa pulang kerumah karena harganya yang terbilang murah. Untuk tips packingnya dapat anda cari langsung ke website dengan kata kunci tips packing barang traveling.

2. Kain Songke

Kain songket merupakan salah satu pernak Pernik dari daerah manggarai yang terkenal akan kualitas dan kerapiannya. Orang manggarai sendiri biasanya menggunakan pakaian ini untuk kegiatan adat dan terkadang juga dapat digunakan untuk kegiatan sehari hari. Bahan dari souvenir yang satu ini sangatlah lembut, alasannya karena dibuat dengan hati hati menggunakan bahan terbaik.

Kain Songke Labuan Bajo, Sumber: Egieligius
Kain Songke Labuan Bajo, Sumber: Google

Kain songke sangat banyak digemari oleh wisatawan yang berkunjung dengan motif yang ditawarkan sangatlah beragam dan dengan coraknya yang elegan. Sedangkan harga yang ditawarkan hampir setiap toko memiliki harga yang terbilang mahal walaupun sih memang hal tersebut sebanding dengan kualitasnya. Harganya sendiri biasa dibandrol dengan harga Rp 500.000 sampai Rp.750.000.

4. Kain Tenun

Kain tenun merupakan salah satu souvenir yang ada di Labuan bajo dan asal pembuatannya sendiri berasal dari daerah bajawa, flores. Kain tenun ini memang sangatlah terkenal keasliannya jadi banyak yang mencarinya untuk dibawa ke daerah. Biasanya souvenir jenis ini banyak digunakan untuk gantungan dinding ruang tamu rumah, yang tentu akan menambah keeleganan ruangan.

Untuk proses pembuatannya sendiri dilakukan dengan cara manual dimana hal ini membutuhkan waktu sampai berhari hari. Harga yang ditawarkan sendiri dari setiap toko souvenir yang ada dibandrol dengan harga yang cukup mahal yaitu berkisar dari Rp. 300.000 hingga jutaan rupiah. Hal ini tentu sebanding dengan usaha yang dilakukan dalam proses pembuatannya.

5. Alat Music Sasando

Alat music yang satu ini sudah sangat terkenal hampir ke seluruh penjuru negeri. alat musik tradisional yang berasal dari Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT) ini merupakan alat musik berdawai yang dimainkannya dengan cara dipetik dengan menggunakan jari.

Alat Musik Sasando, Sumber: Google
Alat Musik Sasando, Sumber: Google

Sasando memiliki bentuk yang unik dan berbeda dengan alat musik berdawai lainnya. Pada bagian utama Sasando berbentuk tabung panjang yang terbuat dari bambu khusus. Bagian bawah dan atas bambu terdapat tempat untuk memasang dan mengatur kencangnya dawai. Anda dapat menemukan alat ini di banyak toko souvenir yang ada.

6. Pernak Pernik Lainnya

Pernak Pernik lain yang dapat dibawa ke daerah tempat anda tinggal adalah berbagai bentuk pahatan dari kayu yang mana dibentuk menjadi berbagai varian produk seperti komodo, pulau komodo, gantungan kunci, kapal layar, dan masih banyak lagi. Selain pemahatan dilakukan menggunakan kayu juga beberapa pengrajin di daerah ini menggunakan tempurung kelapa yang dibentuk menjadi produk lain.

Selain pernak Pernik yang dibentuk dengan pahatan dari bahan kayu, ada juga tas sandal, ikat pinggang, tali kerajinan dan lain sebagainya yang disediakan oleh beberapa toko di sepanjang pesisir pantai. Salah satu toko yang menyediakan semua hal itu adalah Souvenir Exotic Komodo.

Dari penjelasan tersebut diatas, ini membuktikan bahwa banyak souvenir khas yang dapat anda temui hampir setiap daerah yang ada di nusantara. Oleh karena itu ada wajib mempromosikan souvenir dari beberapa daerah yang anda kunjungi. Anda tidak perlu khawatir karena untuk membuat artikel atau penjelasannya dapat menggunakan jasa SEO bulanan di daerah anda tinggal.