Nusa Tenggara Timur merupakan surga bagi para pecinta alam, keanekargaman hayati dan kedamaian dengan suguhan surga dunia yang membentang dari udara, darat hingga dasar lautnya yang merupakan impian semua orang hingga mampu menarik perhatian turis mancanegara karena pesona alam dan sejuta keanekaragaman hayati yang ditawarkan salah satu propinsi paling eksotis di Indonesia Timur ini.

Tidak lupa, Manggarai Barat juga merupakan wilayah yang menyuguhkan deretan wisata eksotis salah satunya yaitu Pulau Kalong yang berlokasi tidak jauh dari Taman Nasional Komodo yang masuk dalam 7 keajaiban dunia dan merupakan habitat besar bagi para kelelawar raksasa atau disebut juga kalong yang menghuni deretan pohon eksotis di dalam pulau tersebut.

Rute Menuju Lokasi

Untuk sampai di danau vulkanik terbesar ini, pengunjung akan menemui sejumlah jalur terjal. Lokasi detail wisata ini terletak di Kabupaten Manggarai tepatnya di kawasan hutan lindung Mbeliling di Labuan Bajo. Apabila anda berangkat menggunakan pesawat, dapat turun di bandara terdekat atau disarankan turun di Denpasar (sekaligus mampir ke Pantai Sanur dan Kuta).

Dari Bali baru kemudian naik kapal Feri jarak jauh selama kurang lebih 4 sampai 5 jam ke Nusa Tenggara Timur. Sesampai di sana, naik bis umum ke pelabuhan Labuan Bajo lalu dilanjut dengan speedboat atau kano menuju pulau kalong sejuah 8 km atau memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan air.

Padang rumput di pulau Kalong Taman Nasional Pulau Komodo, sumber ig @novitasarii_

Padang rumput di pulau Kalong Taman Nasional Pulau Komodo, sumber ig @novitasarii_

Harga Tiket Masuk

Apabila anda hanya ingin menjejakkan kaki di pulau ini dengan menggunakan kano tentu tidak akan memakan biaya mahal, namun tempat ini dinilai bukan sebagai wisata aman untuk menjelajah sendiri karena masih berupa semak berlukar dan banyak predator lain seperti ular piton sehingga untuk dapat menyewa guide dibutuhkan biaya dari Rp 1 juta hingga 3 juta untuk paket stay overnight.

Fasilitas dan Obyek Wisata

Ada berbagai macam fasilitas dan obyek wisata yang dapat Anda nikmatik di pulau Kalong ini. Ada baiknya mempelajari terlebih dahulu sebelum berangkat kesana. Agar bisa lebih efisien saat berada di lokasi wisata ini. Apa sajakah itu? Silahkan simak penjelasan dibawah ini.

Habitat para kalong

NTT tidak hanya terkenal dengan wisata Manta Point lho. Di lokasi ini, seperti dengan namanya terkenal akan habitat kalongnya. Pulau kecil dengan rimbunan hutan lebat dan dikelilingi air biru laut yang berisikan jutaan satwa dan tumbuhan laut ini merupakan rumah bagi ribuan kelelawar besar atau kalong yang pada siang hari bertengger di pepohonan dan berkeliaran pada petang hingga malam hari untuk berburu. Para pecinta hewan malam dan petualang sejati tentu tidak akan melewatkan daftar kunjungan mereka ke pulau ini.

Waktu yang paling tepat untuk menyaksikan para kalong ini beraktivitas adalah sekitar pukul 6 petang. Namun, selain kalong terdapat juga banyak ular piton berukuran besar sebagai puncak rantai makanan sehingga keselamatan dan menghindari kecerobohan adalah prioritas utama para pengunjung yang harus diutamakan.

Foto kawanan kalong di pulau Kalong NTT, sumber ig @diiahekaa

Foto kawanan kalong di pulau Kalong NTT, sumber ig @diiahekaa

Spot diving dan snorkeling

Water sport ekstrim ini memang yang paling dicari oleh para pecinta adrenalin sembari bermain dengan para manta dan ekosistem lain di air. Snorkeling dan diving adalah alasan mengapa wisata ini dikunjungi bukan hanya karena penampakan ribuan kalong saja. Pengelola wisata di dekat pelabuhan tentu telah menyediakan sewa masker, fin, pelampung, tabung gas hingga pakaian menyelam dan renang.

Habitat ubur-ubur

Langit dan daratan tepatnya di hutan mini khatulistiwa di pulau Mangiatan adalah rumah bagi para ubur-ubur untuk berkembang biak yang merupakan makanan manta yang tersebar di kepulauan Flores dan beberapa spesies burung yang turut meramaiakan suasana.

Menghabiskan waktu di kawasan wisata alam seperti pulau kalong ini merupakan pilihan paling tepat untuk dapat melihat langsung kebesaran Tuhan yang memberikan keistimewaan bagi Indonesia dengan beragam budaya, pesona alam dan keanekaragaman hayati.

Jika Anda dan rombongan hendak pergi berwisata di pulau Kalong Nusa Tenggara Timur, kami dari agen wisata Labuan Bajo Tour dengan senang hati membantu mewujudkan rencana perjalanan wisata Anda. Semoga bermanfaat dan silahkan share salah satu keindahan alam Indonesia ini via sosial media yang tersedia. 🙂