Pernahkah Anda memperhatikan ada suatu hal yang tidak biasa yang para wisatawan lakukan saat menunggu atau dalam tengah perjalanan, yaitu membaca buku. Ya, membaca buku, aktivitas tersebut biasanya sering dilakukan oleh wisatawan asing saat menunggu sesuatu atau saat ditengah perjalanan.

Setuju atau tidak Anda akan banyak melihat turis asing lebih asyik dengan buku mereka dibanding dengan gadget, sedangkan kondisi sebaliknya terjadi untuk wisatawan domestik. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Selain karena memang minat membaca wisatawan domestik yang kurang, kebanyakan mereka juga tidak mengetahui manfaat-manfaat yang didapatkan saat membaca buku.

Banyak hal yang akan Anda dapatkan ketika membaca buku, selain karena buku adalah jendela ilmu, manfaat membaca buku itu dapat memberikan ketenangan dan rileks pada tubuh, mengurangi ketergantungan pada gadget dan masih ada lagi manfaat lainnya.

Membaca Buku Saat Traveling

Ketika Anda hendak melakukan suatu traveling tentu hal yang paling terpenting dalam suatu perjalanan adalah menyiapkan segala sesuatu yang dapat mensukseskan agenda tersebut dengan baik dan matang. Menyiapkan mulai dari itinerary, tanggal pelaksanaan, tempat penginapan, barang perlengkapan dan lain sebagainya.

Berbicara mengenai perlengkapan, tentu barang-barang yang akan Anda bawa adalah hal-hal yang penting saja, yang mana mampu menunjang kenyamanan Anda selama melakukan traveling. Bagi sebagian orang membawa buku bukanlah termasuk perlengkapan yang wajib untuk dibawa.

Tetapi pada kesempatan kali ini, kami menyarankan Anda sebagai traveler untuk membawa buku ketika melakukan perjalanan yang jauh karena akan ada banyak manfaat yang akan Anda dapati. Buku merupakan gudang ilmu yang bisa memberikan banyak informasi bagi Anda.

Namun bukan hanya itu, buku juga bisa dijadikan sebagai sarana hiburan yang bisa membuat pikiran Anda menjadi lebih tenang dan rileks. Untuk itu simaklah beberapa ulasan dibawah ini mengenai manfaat membawa sekaligus membaca buku saat traveling.

1. Sebagai Teman Terbaik dikala Solo Traveling

Melakukan solo traveling bukan berarti membosankan, namun hal tersebut justru bisa membuat Anda lebih mengenal diri sendiri. Sebagai teman perjalanan, Anda bisa membawa buku untuk menemani saat perjalanan. Membaca buku bisa membuat Anda menjadi lebih rileks dan menyadari apa yang sebenarnya Anda sukai.

Dalam perjalanan Anda bisa menantang diri sendiri untuk bisa mandiri dan mengembangkan pola pikir secara lebih maksimal. Pengalaman saat liburan bisa membantu Anda untuk membentuk diri menjadi pribadi yang lebih baik.

2. Menghilangkan kebosanan saat di Tengah Perjalanan

Dengan melakukan aktivitas traveling dengan menempuh rute perjalanan yang jauh untuk sampai ke lokasi tentu kemungkinan kebosanan bisa saja muncul kapan saja. Mungkin sebagian orang cenderung untuk menonton film atau mendengarkan musik untuk mengusir rasa bosan yang mulai menghampirinya.

Namun, cobalah ketika Anda melakukan traveling untuk membawa buku dan membacanya selama perjalanan menuju lokasi, kemungkinan rasa bosan yang menghampiri Anda akan hilang. Selain itu, dengan membaca buku dapat menghilangkan rasa stress juga lho.

Para peneliti dari University of Sussex mengungkapkan jika level stres dapat berkurang hingga 68 persen hanya dengan meluangkan enam menit membaca. Hal ini dikarenakan segala imajinasi yang muncul ketika membaca buku mampu mengajak para pembacanya untuk melupakan sejenak stres yang sedang dialami.

3. Membuat Cepat Tidur

Terkadang saat melakukan traveling dengan memasuki suatu wilayah baru yang belum pernah sama sekali Anda mengunjunginya akan banyak hal baru yang bisa Anda temukan. Entah kebudayaan, aturan-aturan, kebiasaan dan lain sebagainya.

Kondisi ini tentu menuntut Anda untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan tempat tinggal yang baru. Tentu kita memahami tingkat level beradaptasi seseorang berbeda-beda, terkadang hal ini bisa saja membuat Anda kesulitan untuk tidur.

Suasana yang baru bisa saja membuat Anda tidak nyaman dan susah tidur. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan membaca buku. Aktivitas membaca buku bisa membuat Anda menjadi rileks dan bisa lebih mudah tidur. Hal inilah yang membuat peranan buku semakin penting untuk dibawa kemana-mana apalagi saat traveling.

4. Mengurangi Ketergantungan Terhadap Gadget

Peranan gadget dalam aktivitas keseharian kita memang seolah-olah tidak bisa terlepaskan. Bayangkan saja saat bangun tidur, benda yang pertama dicari adalah gadget, memesan makanan pun lewat gadget, bepergian untuk menyewa ojek lewat gadget.

Solo Traveler, sumber ig detojan
Solo Traveler, sumber ig @detojan

Memang perannya tidak bisa dipungkiri. Namun bukan berarti seluruh aktivitas sehari-hari Anda harus dihabiskan oleh bermain gadget. Bermain gadget tentu penting tetapi harus diatur porsinya, jangan sampai membuat Anda kecanduan.

Selain itu, dampak buruk yang disebabkan oleh radiasi gadget bagi kesehatan tentunya harus dihindari juga. Agar kebiasaan tersebut bisa dihilangkan, Anda bisa menggantinya dengan membaca buku untuk mengisi waktu luang. Dengan begitu Anda tidak terlalu sering menggunakan Gadget.

5. Meningkatkan Kecerdasan

Buku adalah jendelanya ilmu. Maka sudah pasti bagi orang yang gemar membaca buku akan memiliki pengetahuan yang luas dan mendatangkan banyak pembelajaran baru dalam hidup seseorang. Selain itu, membiasakan diri untuk membaca dapat meningkatkan kecerdasan seseorang.

Dalam Penelitian yang dilakukan oleh peneliti yang berasal dari University of Edinburgh dan King’s College London, kemampuan membaca yang sudah dibangun dari usia belia tersebut mampu meningkatkan kecerdasan secara keseluruhan.

Itu dia beberapa informasi seputar manfaat membaca buku saat traveling. Semoga dapat memberikan dorongan bagi kita untuk melakukan aktivitas positif ini. Simak berbagai ulasan menarik lainnya terkait wisata Labuan Bajo di halaman labuanbajotour.com.