Labuan Bajo terkenal dengan wisata pantainya yang menakjubkan. Di sana juga terdapat pulau komodo yang menjadi salah satu warisan dunia dan tidak pernah sepi pengunjung. Wisata pulau yang menakjubkan ini memiliki aneka pilihan termasuk kebudayaan dan kulinernya. Untuk Anda yang ingin berkunjung ke sini, tidak ada salahnya untuk mengelilingi obyek wisata ini menggunakan kapal wisata Labuan Bajo dan mengunjungi seluruh lokasi termasuk perkampungan, salah satunya Kampung Melo Labuan Bajo.

Pada penghujung tahun ini menyiapkan liburan ke Labuan Bajo dapat menjadi suatu alternatif. Di sana banyak destinasi wisata unik dan menarik yang mampu memanjakan setiap pasang mata. Apabila Anda menyukai tempat wisata yang mengandung unsur budaya, maka jangan lewatkan untuk segera berkunjung di Kampung Melo, Labuan Bajo, Flores.

Kampung Melo Labuan Bajo

Kampung Melo Labuan Bajo merupakan salah satu daerah asli di Labuan Bajo yang menyimpan daya tarik. Kebudayaan dan suasananya menjadikan kampung ini menjadi salah satu dalam paket wisata Labuan Bajo. Berikut ini adalah beberapa informasi terkait Kampung Melo termasuk berbagai macam keunikan dan daya tariknya.

1. Menuju Kampung Melo

Desa adat Melo atau Kampung Melo merupakan desa yang tidak jauh dari Labuan Bajo. Waktu yang dibutuhkan untuk ke sana sekitar 40 menit dari pusat kota Labuan Bajo. Lokasinya tidak jauh dari jalan utama Trans Flores. Keadaan jalannya pun mulus, jadi memudahkan Anda untuk berkunjung ke sana. Anda bisa menggunakan jasa sewa kendaraan baik untuk personal ataupun kelompok.

2. Wisata Alam Eksotis

Berbeda jika Anda berkunjung ke pantai-pantai dan pulau kecil di Labuan Bajo yang bersuhu terik, Kampung Melo Labuan Bajo berada di lokasi yang tinggi. Apabila telah tiba di Kampung Melo mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan keren dari ketinggian 624 meter di atas permukaan laut. Sejauh mata memandang akan terlihat hamparan layaknya permadani hijau. Banyak dedaunan hijau ditambah lagi dengan langit biru cerah menambah indah panoramanya. Jadi siapkan kamera saat berada di sana. Wisata alam yang eksotis tersebut, daerahnya bersuhu mencapai 10 hingga 20 derajat celsius. Sehingga cukup dingin bagi Anda maka siapkanlah jaket bila perlu.

Kampung Melo Labuan Bajo, sumber ig hanifloka

Kampung Melo Labuan Bajo, sumber ig @hanifloka

3. Wisata Budaya

Labuan Bajo selain menawarkan keindahan alam yang eksotis ternyata juga menawarkan wisata budaya yang tak kalah menariknya bagi pengunjung. Ketika tiba di kampung Melo maka akan disajikan tarian khas kampung, yaitu tarian caci. Tarian ini merupakan tarian khas Manggarai serta orang yang memerankannya merupakan kaum pria asli dari kampung Melo. Saat tarian dibawakan, para penari menggunakan kostum tradisional yang unik dan atraktif. Para penarinya menggunakan topi dan membawa pecut serta tameng. Peragaan tarian tersebut mirip seperti tarian perang, jadi saling mengadakan perlawanan antar penarinya. Tarian tersebut juga memiliki nilai filosofis, yakni sebagai wujud rasa syukur terhadap Tuhan sebagai Sang Pencipta semesta.

4. Keramahan Masyarakat Lokal

Indonesia memang terkenal dengan keramahannya. Banyak lokasi wisata di Indonesia yang selalu ramai karena budayanya dalam tata krama mengajarkan mereka untuk selalu ramah. Keramahan masyarakat lokal Kampung Melo pun menjadi nilai tambah tersendiri di sana. Penyambutan terhadap orang yang berkunjung ke sana, mereka sangat terbuka. Sehingga Anda tak perlu khawatir jika akan bertanya atau sekedar bertegur sapa dengan mereka. Mereka hidup dengan bermata pencaharian dengan cara berkebun.

Sebenarnya nama Kampung Melo sesuai sekali dengan keadaan di sana, yang sepi dan tenteram. Sehingga para wisatawan yang berkunjung ke sana akan merasakan kedamaian di hatinya. Sebagai sarana tempat refreshing, Kampung Melo sangat cocok sekali untuk dikunjungi. Di tambah lagi jika mengunjunginya bersama pasangan atau keluarga pastilah akan menambah kebahagiaan tersendiri.

Masih terdapat beberapa kampung di sekitar Labuan Bajo yang bisa menjadi alternatif untuk berwisata. Demikianlah ulasan mengenai keindahan yang eksotis pada Kampung Melo di Labuan Bajo, Nusa Tengara Timur. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda dan jangan lupa untuk berkunjung ke sana. Simak ulasan lainnya terkait informasi dan tips wisata Labuan Bajo di halaman labuanbajotour.com. Selamat menikmati perjalanan wisata Anda.