Cunca Rami merupakan salah satu yang berbeda dari destinasi wisata yang terdapat di Labuan Bajo. Seringkali terdengar oleh kita bahwa Labuan Bajo identik dengan Pulau Komodonya, Pantai eksotisnya dan wisata kapalnya. Akan tetapi di sana pun terdapat pesona air terjun cantik dan indah, yakni air terjun Cunca Rami. Oleh sebab itu, dalam pembahasan artikel kali ini akan disajikan sebuah review mengenai tempat tersebut. Jadi, simaklah baik – baik.

Cunca Rami Waterfall

Jika Anda berkunjung ke Labuan Bajo dan berkesempatan untuk menginap beberapa hari, tentu tidak semua waktu berliburan Anda akan dihabiskan dengan bermain pantai dan laut. Labuan Bajo juga memiliki wisata alam lainnya yang juga tidak kalah menarik. Selain pulau komodo yang menjadi situs keajaiban dunia, terdapat obyek wisata alam lainnya yaitu air terjun.

Jika Anda bosan dengan suasana pantai cerah yang terik dan air asin, Anda bisa mencoba mengunjungi beberapa obyek wisata air terjun di sekitar Labuan Bajo. Air terjun tersebut bernama Cunca Rami, Cunca Wulang dan Cunca Rede. Ketiganya berlokasi di Manggarai Barat, Manggarai Timur dan Manggarai, Flores Barat.

Cunca Rami Waterfalls, sumber ig mihakovachich

Cunca Rami Waterfalls, sumber ig @mihakovachich

Asal Muasal

Cunca Rami berasal dari kata Cunca yang bermakna air terjun sedangkan Rami memiliki makna hutan. Jadi dapat disimpulkan bahwa arti dari nama air terjun ini merupakan air terjun yang terletak di dalam hutan. Bahasa yang digunakan dalam sistem penamaan air terjun tersebut berasal dari bahasa setempat atau masyarakat lokal.

Lokasi Air Terjun

Air terjun dengan pesona keindahannya terdapat di kawasan gunung Mbeliling, desa Wae Lolos. Apabila dari Bandara Labuan Bajo berjarak sekitar satu jam perjalanan. Untuk mencapai air terjun ini Anda harus berjalan kurang lebih selama satu jam melintasi hutan dan gunung Mbeliling. Namun, jangan khawatir atau takut terlebih dahulu, karena selama proses perjalanan menuju ke sana Anda dapat menjumpai pemandangan yang menakjubkan.

Saat menyusuri jalanannya Anda akan menjumpai hutan produktif dengan tanamannya yang sejenis, seperti pohon vanili dan kemiri. Tanaman tersebut dibudidayakan secara langsung oleh petani setempat. Kemudian berlanjut menyusuri sungai kecil yang memiliki air jernih. Dan apabila beruntung Anda dapat pula menemukan bunga – bunga indah di sepanjang perjalanan.

Pada akhirnya, setelah menempuh perjalanan kurang lebih selama satu jam, kehadiran obyek wisata yang satu inipun dapat dilihat dan dirasakan betapa indah dan segar air terjunnya. Panjang air terjun ini mencapai 30 meter dan memiliki debit air yang deras. Pada bagian bawah air terjun terdapat kolam dari bebatuan yang terbentuk dari derasnya air terjun yang mengalir ke bawah dan membelah lereng.

Spot Memandang Pelangi

Nilai tambah lainnya adalah dapat menyaksikan pelangi di bawah air terjun. Pelangi terjadi dari sinar matahari yang mengenai percikan air terjun. Sungguh pemandangan yang indah dan tentunya hal ini tidak setiap hari dapat terjadi, jika Anda beruntung saja. Jadi, siapkanlah momen terbaik Anda apabila pelangi terjadi. Dapat juga difoto sebagai kenang – kenangan.

Wahana Trekking

Cunca Rami bisa dikatakan berada pada lokasi yang dalam dan agak terpencil. Air terjun ini memang berada pada lokasi yang jarang dikunjungi dengan keramaian. Dari Labuan Bajo Anda tidak bisa mengakses air terjun secara langsung menggunakan kendaraan, tetapi hanya sampai pada sebagai rute menuju Cunca Rami. Rute sisanya dilalui dengan berjalan atau trekking.

Air Terjun Cunca Rami, sumber ig alinea.kedua

Air Terjun Cunca Rami, sumber ig @alinea.kedua

Sehingga para penghobi trekking yang terbiasa berjalan melewati alam dengan medan yang penuh petualangan sangat cocok untuk berkunjung ke lokasi wisata yang satu ini. Lagipula sesampainya di lokasi ini, Anda akan merasaka jerih payah untuk sampai di sini terbayarkan lunas karena keindahan alam air terjun setinggi 30 meter ini yang luar biasa.

Demikian beberapa ulasan terkait informasi air terjun Cunca Rami untuk Anda. Keberadaan air terjun ini akan memberikan suasana yang berbeda setelah mengunjungi pantai-pantai di Labuan Bajo. Semoga informasi ini bisa menghibur Anda. Simak ulasan mengenai wisata Labuan Bajo di halaman paket wisata Labuan Bajo ini.