Berlibur ke Nusa Tenggara Timur merupakan impian semua orang hingga mampu menarik perhatian turis mancanegara karena pesona alam dan sejuta keanekaragaman hayati yang ditawarkan salah satu propinsi paling eksotis di Indonesia Timur ini mulai dari Manta Point dimana anda dapat berinteraksi dengan ikan pari Manta hingga gunung Mbeliling dan hutan lindung di sekitarnya yang tidak boleh dilewatkan.

Salah satu daya tarik warga dunia yang mencuri banyak perhatian para travelers dan ilmuan ini tentunya kawasan wisata Labuan Bajo yang menyuguhkan mulai dari penampakan hewan purba hingga ikan manta. Bagi anda yang baru akan pertama kali mengunjungi pulau istimewa ini tidak perlu bingung kesan apa yang ingin dibagi karena oleh-oleh khas Labuan Bajo akan menjadi solusi dan kesan bagi anda.

Rute Menuju Lokasi

Untuk dapat sampai di pulau bersejarah ini, pengunjung akan menemui sejumlah kawasan eksotis lain. Lokasi detail wisata ini terletak di Kabupaten Manggarai Barat tepatnya di Taman Nasional Komodo di Labuan Bajo. Apabila anda berangkat menggunakan pesawat, dapat turun di bandara terdekat atau disarankan turun di Denpasar (sekaligus mampir ke Pantai Sanur dan Kuta).

Dari Bali baru kemudian naik kapal Feri jarak jauh selama kurang lebih 4 sampai 5 jam ke Nusa Tenggara Timur. Sesampai di sana, naik bus umum menuju kabupaten Labuan Bajo dimana anda dapat bertemu dan berkeliling dengan guide serta mampir ke pusat oleh-oleh khas Labuan Bajo. Dari Labuan Bajo, anda dapat memilih untuk singgah di kepulauan Komodo, perkampungan warga atau di manta point.

Pilihan oleh-oleh

Kopi Flores, sumber ig fitnest_id

Kopi Flores, sumber ig @fitnest_id

Kopi Flores

Berkunjung ke Labuan Bajo tentu tidak lengkap tanpa menikmati biji kopi asli daerah tersebut yaitu kopi Flores. Café in Hit adalah tempat nongkrong asik untuk dapat menikmati kopi segar ini dengan ditemani pemandangan dan suasana sekitar serta menu khas nasi lalapan dan makanan manis seperti brownies dan banana cake serta tidak lupa, kopi ini juga cocok untuk dijadikan oleh-oleh spesial dari Labuan Bajo.

Ikan Cara, sumber ig mommymahira

Ikan Cara, sumber ig @mommymahira

Ikan kering dan cara

Di Labuan Bajo banyak sekali rumah makan yang menjual seafood segar alias ‘baru sekali mati’ seperti oleh-oleh kering khas yaitu ikan kering dan ikan cara yang pipih, gurih, lezat dan segar sehingga cocok untuk dibagikan kepada keluarga dan kerabat terdekat.

Roti Kompiang, sumber ig yasintashirley

Roti Kompiang, sumber ig @yasintashirley

Roti kompiang

Bagi yang belum pernah di Labuan Bajo, nama roti mungil ini tentu sangat asing terdengar, namun sekali makan, rasanya akan membekas terus. Roti oval khas Manggarai yang bertekstur keras ini selalu menjadi makanan pembuka yang nikmat dan oleh-oleh yang membuat hubungan dengan tetangga dan kerabat menjadi dekat.

Kaos Chomabee, sumber ig chomabee_

Kaos Chomabee, sumber ig @chomabee_

Kaos unik

Selain makanan atau snack, kaos juga menjadi pilihan oleh-oleh yang pas, kalo di Bali ada Joger di Labuan Bajo ada Chomabee yaitu kaos yang didesain khusus dengan corak artistic yang menggambarkan pemandangan atau sekadar tulisan dari bahasa Manggarai dengan harga mulai dari Rp 90.000,.

Kain Tenun Khas Nusa Tenggara Timur, sumber ig greseldasitumorang

Kain Tenun Khas Nusa Tenggara Timur, sumber ig @greseldasitumorang

Tenun songke

Bagi yang cinta kerajinan asli nusantara, tenun buatan warga lokal dengan nama songke ini adalah pilihan utama. Bahan yang lembut, desain cantik dan tradisional ini membuat kain sehelainya di patok mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp. 750.000,.

Berkunjung dan berkeliling pulau dengan sejuta pemandangan menakjubkan tidak lengkap rasanya apabila tidak memberi oleh-oleh khas Labuan Bajo sebagai simbolis untuk lebih dekat dengan kerabat dan keluarga terdekat. Demikian ulasan tentang oleh-oleh Labuan Bajo yang nikmat dan unik. Semoga bisa menambah referensi wisata anda.