Memesan akomodasi kapal wisata tidak berlaku pada semua jenis wisata. Artinya, tidak di semua obyek wisata kita bisa merasakan sensasi berlayar berkeliling pulau dan pantai. Hanya di lokasi-lokasi wisata bahari saja kita bisa menemukan pilihan alternatif wisata yang satu ini. Indonesia sendiri memiliki banyak obyek wisata bahari yang terkenal bahkan hingga ke mancanegara seperti Bali, Lombok dan Labuan Bajo. Untuk itu, kami menyediakan beberapa informasi terkait tips memesan akomodasi kapal Labuan Bajo.

Labuan Bajo menjadi salah satu daya tarik pariwisata Indonesia. Letaknya yang strategis sebagai pintu masuk pulau-pulau indah di kepulauan Flores menjadikan kota ini ramai untuk dikunjungi para wisatawan. Anda bisa menggunakan kapal untuk berkeliling Labuan Bajo. Pilihlah kapal dengan harga murah tetapi fasilitas memadai.

Tips Memesan Akomodasi Kapal Wisata Di Labuan Bajo

Salah satu yang menjadi pemikiran saat hendak berkunjung ke Labuan Bajo dan pulau sekitarnya adalah soal penyewaan kapal/perahu untuk sailing (berlayar). Labuan Bajo yang baru saja populer ini memang bisa dinikmati pemandangan alam pantai dan pulaunya dengan menggunakan kapal wisata. Tetapi tidak sebagaimana kapal penyeberangan biasa atau kapal tranportasi antar daerah. Kapal wisata ini menyediakan layanan bersama paket wisata Labuan Bajo untuk menikmati wisata dengan cara yang berbeda. Berikut beberapa hal dan tips tentang penyewaan kapal/perahu di Labuan Bajo :

1. Mencari Informasi yang Tepat

Pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari informasi tentang sewa kapal Labuan Bajo. Anda bisa melakukan riset sederhana seperti bertanya kepada teman yang sudah pernah trip ke Labuan Bajo atau juga bisa googling mengenai penyewaan kapal Labuan Bajo ataupun blog walking ke berbagai travel blogger. Atau bisa juga untuk mencari penyedia layanan paket wisata Labuan Bajo, tour Labuan Bajo dan layanan sejenis ini kemudian berkonsultasi secara langsung mengenai informasi akomodasi kapal wisata Labuan Bajo.

Sewa Kapal Labuan Bajo, sumber ig rentalboatkomodo

Sewa Kapal Labuan Bajo, sumber ig @rentalboatkomodo

2. Pesan jauh-jauh hari

Kapal atau perahu di Labuan Bajo dapat dipesan jauh-jauh hari sebelum anda berangka kesana. Risiko jika anda tidak memesannya jauh-jauh hari adalah anda tidak akan mendapatkan kapal karena ramainya pengunjung. Banyak kejadian wisatawan yang terpaksa antre dan tidak mendapatkan kapal karena sudah full booked.

Tentunya sangat sayang sudah jauh-jauh ke Labuan Bajo tapi tidak jadi berwisata karena tidak kedapatan kapal. Jika anda memesan kapal jauh-jauh hari usahkan cari sebanyak mungkin daftar kontak penyewaan kapal/perahu. Dengan demikian Anda akan memilki berbagai macam pilihan dan alternatif harga. Jika anda memesannya go show atau secara langsung, maka perahu/kapal dapat anda temukan di pelabuhan Labuhan Bajo yang berjarak kurang lebih 15-20 menit.

3. Cari tahu detail kapal

Ada berbagai model kapal yang bisa anda sewa di Labuan Bajo. Mulai dari yang ukuran kecil sampai ukuran besar. Harga murah sampai harga mahal. Yang menggunakan AC maupun tanpa AC. Saat bernegosiasi pastikan anda mengetahui secara detail model dan kondisi kapal agar perjalanan anda nyaman. Beberapa yang mungkin anda cari tahu mengenai kondisi kapal adalah kapasitas kapal/perahu.

Dengan mengetahui kapasitas kapal anda bisa memperkirakan berapa orang yang bisa anda ajak untuk menggunakan kapal. Karena jika kapal diisi dengan maksimal tentu juga akan menghemat ongkos kapal. Tanyakan juga mengenai fasilitas kamar mandi dan toilet. Karena hal itu penting sebagai kebutuhan anda. Tanyakan pula tentang makanan yang disediakan di kapal. Tentu anda tidak mau kan, jika fasilitas yang anda dapatkan tidak sesuai dengan harga yang dibayar.

4. Tawar-menawar harga

Setelah mengetahui fasilitas dan harga yang ditawarkan pemilik kapal. Bandingkan fasilitas yang tersedia dengan harga yang harus anda bayar. Jika menurut anda fasilitas dengan harga tidak cocok. Cobalah untuk melakukan tawar menawar dengan pemilik kapal. Dengan begitu, bisa jadi harganya akan menurun.

Itulah beberapa tips untuk memesan akomodasi kapal wisata Labuan Bajo untuk Anda. Semoga bisa menambah koleksi informasi wisata Anda. Silahkan share tulisan bermanfaat ini dan simak ulasan lainnya mengenai informasi dan tips wisata Labuan Bajo bersama kami.